SA'DUDDIN MAHMUD SHABISTARI

Sajak Shabistari dari kitab syair Gulshan-i-Raz :
Aku dan Engkau
aku dan engkau
tak lain hanya kisi-kisi
dalam ceruk sebuah lentera
tempat Sang Satu Cahaya bersinar
aku dan engkau
hanyalah selubung
antara langit dan bumi
angkatlah selubung ini
dan tak lagi kau lihat
ikatan madzab dan keimanan
ketika aku dan engkau melenyap
apa arti masjid??
apa arti sinagog??
apa arti kuil api??


Shabistari bersenandung tentang Tuhan :
Cahaya Maha Cahaya adalah keindahanNya
Yang memikat hati
dan singkapanNya yang mempesona
adalah kesatuan maha kesatuan
ketika Dia melangkah
seluruh jiwa mengikutinya
bergayutan erat di keliman baju-Nya.
Saat itulah, saat Aku bertemu dengan kesatuan maha kesatuan, ia menghilang berbaur dengan Tuhan yang Maha Merdeka, menjadi aku yang merdeka. Aku yang mengisi “suatu ruang murni”, ujar Rumi.
Bangkitlah sejenak dari ruang dan waktu. Tinggalkan dunia dan ciptakan sebuah dunia di dalam dirimu sendiri!
(Shabistari, Taman Mawar Rahasia)


Pernikahan Jiwa
Menurun ke bumi, keindahan memabukkan yang aneh dari dunia yang tak terlihat
Mengintai di alam.
Dan jiwa manusia,
yang telah mencapai keseimbangan yang benar,
Menjadi sadar akan kegembiraan tersembunyi ini, langsung terpikat dan tersihir.
Dan dari pernikahan mistik ini lahir
lagu para penyair, pengetahuan batin,
bahasa hati, kehidupan saleh
dan keindahan anak yang baik
Dan Jiwa Besar memberi manusia sebagai mas kawin
kemuliaan tersembunyi dunia.
Shabistari, Taman Mawar Rahasia🌷

Popular posts from this blog

KITAB BARENCONG BHG 11

SHAMSUDDIN PASAI

KITAB BARENCONG BHG 3